Bangka Tengah Track Tourism 2017 Diawali Kejurnas Grass Track

RacingDrag.com. Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tampaknya tidak mau ketinggalan dengan daerah lain untuk memajukan sektor pariwisata lewat beberapa event kegiatan wisata olahraga.

Bangka-Tengah-Grass-Track-Tourism-2017
Bangka Tengah Grass Track Tourism 2017

Ada tujuh cabang olahraga yang diselenggarakan dalam event “Bangka Tengah Sport Tourism 2017” tersebut yang dimulai 30 Juni sampai 10 September, meliputi Grass Track, Adventure Off Road, Mountain Bike,Bridge, Takraw Pantai, Marathon dan Panjat Tebing.

Baca :

Plt Bupati Bangka Belitung Ibnu Saleh mengatakan, sentuhan wisata olahraga membawa banyak manfaat bagi ekonomi masyarakat. Melalui wisata olahraga, daerah bisa berpromosi sesuai dengan potensi sehingga muncul efek pemasaran yang baik untuk mengajak wisatawan dan para investor.

“Wisata olahraga juga menjadi jawaban untuk mengatasi kesenjangan sosial di masyarakat karena pemerintah daerah mengembangkan destinasi wisata yang ada di perdesaan dengan sentuhan sport tourism,” jelasnya.

Hadir juga Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah pada rangkaian pertama penyelenggaraan Bangka Tengah Sport Tourism 2017, yakni kejuaraan nasional (Kejurnas) Grass Track bertempat di Sirkuit Desa Terak, Minggu (2/7).

Dalam sambutannya, Abdul Fatah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bateng yang telah menyelenggarakan event sangat positif ini. Ia menilai, olahraga terbukti bisa membangun kebanggaan dan kepercayaan diri rakyat terhadap daerahnya.

“Wisata olahraga (Sport Tourism) menjadi sarana konsolidasi sosial untuk mendesain pembangunan berbasis partisipasi masyarakat, bukan mobilisasi massa. Jika ditarik lebih jauh lagi, itu akan menjadi modal sosial yang sangat berharga untuk membangun daerah,” katanya.

Abdul Fatah menambahkan, wisata olahraga sebagai sarana pembangunan infrastruktur. Manfaat adanya event/kegiatan wisata olahraga buat daerah sangat besar.

Melalui ajang wisata olahraga, daerah memperbaiki dan membangun berbagai infrastruktur hingga ke pelosok desa untuk memudahkan akses bagi wisatawan dan peserta lomba olahraga. Perbaikan jalan misalnya, tidak hanya berguna saat lomba semata, tetapi juga akan membantu mobilitas penduduk lokal untuk menggerakkan ekonomi daerah,” tutupnya.

Kejuaraan mempertandingkan 13 kelas, masing-masing enam kelas kejurnas, yakni bebek standar pemula, bebek modifikasi junior, bebek modifikasi 4 langkah senior 110 cc, bebek modifikasi 4 langkah senior 125 cc dan kelas sport dan trail senior.

Kemudian, kelas sporting race yakni kelas bebek standar pemula Bangka Belitung dibawah 15 tahun, bebek standar junior, bebek standar pemula bangka tengah, bebek standar pemula Bangka Belitung, bebek modifikasi open 115 cc, FFA executive di atas 35 tahun open, Motocross s.d 250 executive di atas 35 tahun open.

Hadir pula dalam pembukaan sekaligus penutupan Kejurnas Grass Track Bupati Bangka Tengah 2017 yang dihadiri ribuan masyarakat tersebut, Kapolres Bateng AKBP Frengky Yusandhi, Kepala Dispora Babel Rahmadi, Ketua IMI Babel, dan pihak penyelenggara (EO) Kejurnas Grass Track

Comments

comments

//